Thursday, July 31, 2008

Recovery File Windows yang ter-delete

Pernah punya pengalaman nge-delete file secara tidak sengaja di windows XP ? Dan delete-nya adalah shift+del dimana tidak akan masuk Recycle Bin folder. It happened to me yesterday. Panic mode on? ya iyalah, lha wong salah satu foldernya berisi foto2 kawinan kakak ipar gue.


Awalnya gue mau mindahin file dari drive C komputer istri gue ke tumdrive. Soale laptopnya mau gue format ulang karena errornya gak bisa gue handle lagi. Kesalahan pertama adalah gue cut+paste dari drive C ke tumbdrive... dan error sebelum paste completed. Mungin gara2 gue cut+paste beberapa folder sekaligus dengan total size kurang lebih 50Mb-an. Kesalahan kedua (dan yang paling fatal) adalah gue shift+del folder di tumbdrive karena gue pikir mau paste ulang dan sayang dengan kapasitas tumbdrive yang "cuma" 4GB.

Waks, ternyata dah gak bisa di paste lagi... dan folder yang kudu di-copy sudah lenyap dari pandangan Windows Explorer.

Terpaksalah gue googling software untuk ngebalikin file. Awalnya sempet niat cari yang ada keygen-nya. Terus nemuin software yang punya opsi trial. Gue coba download dan dari software tersebut bisa membaca file-file yang pernah ke-delete. Namun gue tidak bisa me-recover file-file yang ke-delete tersebut dengan versi trial-nya. Sewaktu mau ngubek-ngubek cari keygen, ternyata dapet petunjuk dari mbah gugel soal software yang free.

Gue download file restoration dari internet, dan di-extract di kompy gue. And it works untuk melakukan recover file-file yang tidak sengaja ke-delete.

Satu hal yang kurang menyenangkan dari software ini adalah gue tidak bisa langsung me-restore beberapa file sekaligus. Jadi kudu satu per satu. Untungnya jumlah file yang gue kudu recover tidak terlalu banyak.

note: Gue tidak bertanggung jawab jika aplikasi ini merupakan virus atau yang sejenisnya, at least sampai dengan gue posting blog ini tidak gue temukan gejala yang aneh di kompy gue. Dan gue juga tidak bertanggung jawab jika ternyata aplikasi ini sudah berbayar pada suatu saat.

0 comments:

Post a Comment